Jumat, 06 Februari 2015

Budidaya ayam Kapas



Salah satu ayam hias yang unik lucu adalah Ayam Kapas. Jenis unggas ini berasal dari negeri China, Marcopolo mengenalkan unggas ini ke negara-negara Eropa. Ayam kapas memiliki bulu yang berbeda dengan ayam lainnnya. Folikel bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra. Keunikan ayam ini juga jarinya yang berjumlah lima sementara ayam biasa berjari empat. Kaki ayam kapas ada yang berbulu ada juga yang tidak berbulu. 

Warna bulu ayam kapas yang paling terkenal adalah putih selain itu ada juga warna coklat merah dan hitam. Ayam yang berwarna hitam ini mempunyai daging dan tulang yang berwarna hitam. Daging hitam ini sering digunakan untuk sup ginseng ayam yang katanya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Di Amerika sana, warna ayam kapas bermacam-macam seperti abu-abu, biru, blorok, partridge, burik, dan lain-lain. Warna ini diperoleh dari hasil persilangan berbagai warna. 

Ayam ini mempunyai pial;jengger seperti bunga mawar atau rose. Pialnya besar dan terdiri dari beberapa baris pial bergerigi. Beberapa ayam kapas memiliki jambul dibelakang pial. Jenggernya ada yang berwarna merah atau ada yang berwarna biru. 

Produksi telur ayam kapas ini cukup banyak juga. Seekor betina dapat menghasilkan lebih 200 butir telur pertahunnya. Ayam ini juga dapat dipertimbangkan sebagai ayam petelur. 
Kadang ayam ini juga disilangkan dengan ayam Serama untuk mendapatkan Serama dengan bulu yang halus mirip induk ayam kapas.

Memelihara ayam ini tidaklah sulit seperti ayam biasa. Ayam ini bisa dipelihara di dalam kandang atau diumbar. Pakannya bisa voer atau biji-bijian seperti gabah, jagung, beras merah, dan lain-lain. Nasi dicampur dedak juga bisa diberikan pada ayam ini.

---------------

Cara Mudah Memelihara Ayam Kapas
Ayam kapas yang mempunyai bulu yang unik ini sebenarnya mudah untuk kita ternakan. Memelihara ayam kapas pada dasarnya hampir sama dengan ayam kampung atau ayam jenis lainnya. Pemeliharaan ayam kapas bisa dilakukan dengan cara diumbar, kandang terbatas atau bahkan kandang khusus sebagai pajangan.
Hal penting pada kandang ayam kapas harus cukup mendapatkan sinar matahari, terutama pagi hari. Lebih bagus jika kandang menghadap timur sehingga matahari pagi bisa masuk ke kandang. Kandang harus selalu kering dan tidak lembab, sehingga ventilasi yang cukup penting untuk kesehatan ayam kapas.
Pemberian pakan tidak ada bedanya dengan ayam kampung atau ayam jenis lain, misalnya saja dedak, nasi, biji bijian seperti jagung, gabah kedelai. Untuk ayam kapas yang masih kecil, pemberian Voer akan membantu pertumbuhan ayam.
Karena ayam kapas dilihat keindahan pada bulunya, maka pemeliharaan harus memperhatikan kebersihan kandang sehingga ayam selalu tampak bersih dan indah. Kotoran ayam atau sisa makanan yang menempel pada bulu akan mengurangi keindahan ayam kapas.
Untuk merawat anakan sampai umur 3 bulan di perlukan lampu pijar di kandangnya agar ayam kapas dapat selalu terjaga kehangatanya. Usia anakan merupakan usia yang rentan terkena penyakit. Kandang ayam kapas yang hangat membuat anakan ayam kapas merasa haus dan lapar sehingga ayam kapas akan suka untuk minum serta makan, hal ini akan membuat ayam kapas sehat karena asupan makanan serta gizi dan makanan dapat masuk ketubuhnya.

-----
Ayam kapas adalah salah satu ayam yang unik serta menggemaskan. Bentuk bulu yang putih serta lembut saat di pegang menambah keunikan ayam kapas ini sebagai jenis ayam hias. Pagi penggemar ayam hias jenis ayam kapas ini mungkin ada yang belum tau kalau ada warna lain selain warna putih. Walaupun jarang di temukan ayam kapas coklat maupun ayam kapas hitam merupakan jenis lain dari ayam kapas. Ayam kapas juga bisa di silangkan dengan warna lain sehingga muncul ayam kapas dengan warna baru.
Ayam kapas ini mempunyai karakter yang unik. Ayam kapas yang termasuk jenis ayam hias ini konon berasal dari daratan Cina yang disebarluaskan oleh Marcopolo ke berbagai negara di Eropa. Ayam Kapas memliki folikel bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra
Ayam kapas memiliki beberapa kelebihan dari tampilannya selain bulunya yang tidak mempunyai folikel hingga bulu tidak melekat satu sama lain dan nampak seperti kapas. Ayam kapas juga memiliki jari cakar sebanyak 5 buah, berbeda dari ayam biasanya yang mempunyai jari kaki sebanyak 4 buah. Kaki ayam kapas biasanya berbulu walau di temukan juga ayam kapas yang jari kakinya tidak berbulu.
Ayam Kapas Indukan (5)
Ayam Kapas Indukan (5)
Banyak orang meyakini ayam kapas dengan daging yang berwarna hitam dipercaya bisa menghindarkan penyakit sakit persendian seperti reumatik dan lain-lain. Biasanya daging ayam kapas di jadikan sup ginseng ayam yang berhasiat dan juga mahal.
Ayam ini mempunyai pial/jengger seperti bunga mawar atau rose. Pialnya besar dan terdiri dari beberapa baris pial bergerigi. Beberapa ayam kapas memiliki jambul dibelakang pial. Jenggernya ada yang berwarna merah atau ada yang berwarna biru.
Ayam kapas termasuk jenis ayam petelur yang cukup produktif, dalam setahun ayam kapas betina bisa menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Dengan produksi telur yang lumayan besar ini, ayam kapas cocok dijadikan sebagai ayam kampung petelur, karena karakter daging dan telur mirip dengan ayam kampung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar